RajaCerdas.ORG Situs Poker Online Terpercaya dengan Bonus Rollingan dan Referral Tertinggi

Header Ads

bandarq BandarQ bandarq Agen Togel Terpercaya

Cuaca Buruk , Bahan Pangan Meningkat


Agen BandarQ - Pengamat pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dwi Andreas mengatakan, belum adanya impor bawang putih saat ini jelas menimbulkan kekhawatiran. Sebab, kebutuhan komoditas ini terus berharap dari impor setiap tahunnya.

Ia bahkan menyatakan, kelangkaan di tahun ini sudah terlihat dan bisa lebih parah dibandingkan 2017. Saat itu, harga bawang putih mencapai Rp80 ribu per kilogram karena saking minimnya stok dan tingginya kebutuhan.

Dwi mengestimasi, biaya tanam komoditas ini sampai panen tiap per hektarenya akan mencapai Rp50-Rp60 juta. Artinya, untuk memproduksi bawang putih sesuai yang diharapkan, dibutuhkan dana sekitar Rp416 juta-Rp500 juta.

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Spudnik Sujono mengungkapkan, sebenarnya pihaknya sudah menandatangani RIPH. Tercatat, ada 29 perusahaan yang mendapat izin untuk pendatangan komoditas bawang putih dari luar.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia (APBPI) Piko Nyoto Setiadi menjelaskan, pihaknya sebenarnya cukup setuju dengan ketentuan wajib tanam bagi para importir.

“Pemerintah dalam hal ini tidak menyediakan bibit, kemudian pengusahanya beli dan ditanam, selesai. Ternyata kita disuruh cari bibit, disuruh cari petani, disuruh cari lahan, disuruh membiayai,” ujarnya.

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.