RajaCerdas.ORG Situs Poker Online Terpercaya dengan Bonus Rollingan dan Referral Tertinggi

Header Ads

bandarq BandarQ bandarq Agen Togel Terpercaya

Perlu di Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo, Netizen Sayang Menyayangkan Atas Penyataan Tersebut



Perlu di Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo, Netizen Sayang Menyayangkan Atas Penyataan Tersebut

Perlu di Cek Status Kewarganegaraan Agnes Mo, Netizen Sayang Menyayangkan Atas Penyataan Tersebut

pokerace99 - Pernyataan biduan Agnez Mo berhubungan tak mempunyai darah Indonesia menuai pro dan kontra dari publik. Bahkan terdapat yang lantas mempertanyakan kedudukan kewarganegaraannya.

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, mengingatkan menurut UU Kewarganegaraan, Indonesia adalahnegara pengikut penentuan kewarganegaraan didasarkan keturunan orang tua (ius sanguinis).

"Bila Agnez Mo mempunyai kewarganegaraan Indonesia, maka butuh dipertanyakan dari mana kewarganegaraan Indonesia itu didapat," tutur Hikmahanto dalam penjelasan tertulisnya, Jumat (26/11).

Berdasarkan keterangan dari Hikmahanto, andai orang tua Agnez Mo bukan WN Indonesia dan Agnez Mo berkewarganegaraan Indonesia, maka besar bisa jadi kewarganegaraan dia didapatkan secara tidak sah.



"Bila ternyata Agnez Mo berkewarganegaraan asing, maka Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mesti mengerjakan pengecekan atas visa yang dipunyai oleh Agnez Mo," ujarnya.
Lebih lanjut, andai diketahui Agnez Mo bukan WNI dan visa yang dipakai bukan visa kerja, maka sekitar ini dia telah mengerjakan pelanggaran atas UU Keimigrasian. Sebab, ia pun menerima honor atas kariernya sebagai artis dan penyanyi.

"Pendalaman oleh Ditjen Imigrasi atas kedudukan kewarganegaraan Agnez Mo butuh dilakukan, guna menilai apakah Agnez Mo butuh dimasukkan ke dalam susunan tangkal guna masuk ke Indonesia, bila ketika sekarang ia sedang di luar negeri," ungkap Hikmahanto.



Jika nantinya benar Agnez Mo melanggar dan masuk dalam susunan tangkal, maka perempuan berusia 33 tahun tersebut tidak diizinkan masuk ke Indonesia hingga namanya ditarik keluar dari daftar.

Agnez Mo dalam suatu wawancara dengan media AS Build Series by Yahoo mengungkapkan dirinya tak punya darah Indonesia.

"Sebenarnya, aku enggak punya darah Indonesia atau apa juga itu. Aku (berdarah) Jerman, Jepang, China, dan aku melulu lahir di Indonesia," ucapnya dalam video yang diunggah ke YouTube pada 22 November kemudian itu.

Sontak, pengakuan pelantun ''Tak Ada Logika" tersebut menuai sekian banyak macam reaksi warganet di media sosial. Agnez Mo juga tak bermukim diam. Ia ikut menyerahkan klarifikasi dalam suatu unggahan di akun Instagramnya.

"Aku tumbuh dalam keberagaman budaya. Inklusivitas budaya ialah apa yang aku perjuangkan. Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda namun tetap satu. Senang saat aku dapat dapat berbagi sesuatu tentangku dan negaraku," tulis Agnez.

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.