RajaCerdas.ORG Situs Poker Online Terpercaya dengan Bonus Rollingan dan Referral Tertinggi

Header Ads

bandarq BandarQ bandarq Agen Togel Terpercaya

AGEN BANDARQ - Detik-Detik Pendaratan Bersejarah Wahana InSight di Planet Mars

AGEN BANDARQ - Detik-Detik Pendaratan Bersejarah Wahana InSight di Planet Mars

AGEN BANDARQ - Detik-Detik Pendaratan Bersejarah Wahana InSight di Planet Mars


 https://bit.ly/2QlR9Hu

AGEN BANDARQ - Hanya 40 persen misi yang pernah dikirim ke Planet Mars oleh lembaga antariksa manapun, berhasil mendarat dengan mulus. Hal ini dikarenakan atmosfer Planet Merah yang tipis, di mana hanya 1 persen dari yang dimiliki Bumi, sehingga tidak ada hambatan yang memperlambat sesuatu untuk mendarat di sana.

Seperti pesawat ruang angkasa Phoenix yang dikirim ke Mars pada 2008 silam, InSight memiliki parasut dan roket retro untuk memperlambat penurunannya melalui atmosfer, dan tiga kaki yang digantung dari pendarat menyerap kejutan saat menyentuh permukaan.

Tetapi para insinyur menyiapkan InSight selangkah lebih maju, di mana memiliki kemungkinan mendarat selama badai debu jika perlu, demikian sebagaimana dikutip dari RAJACERDAS,ORG pada Selasa (27/11/2018).

Sekitar 20 menit sebelum mendarat, InSight dipisahkan dari panggung pelayaran yang membantu membawanya ke Mars, dan beralih ke posisinya sendiri untuk memasuki atmosfer Mars.

Hari Senin, pukul 14.47 siang waktu AS bagian timur (Selasa, pukul 02.47 dini hari WIB), persiapan fase pendaratan dimulai, dan InSight datang menyala-nyala ke atmosfer Mars dengan kecepatan 12.300 mil per jam, atau setara 19.974 kilometer per jam.

Suhu yang direkam oleh pelindung panas di bagian puncak wahana tercatat 2.700 derajat Fahrenheit (setara 1.482 derajat Celsius) selama sekitar dua menit. Di momen, sinyal radio sempat terputus dengan Stasiun Ruang Angkasa Internasional.

Setelahnya, parasut dikerahkan untuk memperlambat laju pesawat yang dipisahkan dari perisai pelindung panas, dan kemudian mengerahkan tiga kakinya seraya mengaktifkan radar untuk merasakan seberapa jauh dari tanah.

Setelah mendapatkan sinyal radar itu, InSight dipisahkan dari cangkang yang tersisa dan parasut, lalu menembakkan mesin turunannya yang dikenal sebagai retrorockets untuk membantu memperlambatnya lebih jauh lagi.

Dalam mode seperti itu, InSight melakukan putaran gravitasi untuk memastikan kaki pendarat berada di posisi yang tepat sebelum mendarat. Wahana ini melambat hingga 5 mil per jam (setara 8.04 kilometer per jam) dengan konsisten.

InSight dilaporkan resmi menyentuh permukaan Mars pada pukul 14.54 sore waktu AS bagian timur, atau pukul 02.54 WIB pada hari Selasa.

"Kami menyentuh atmosfer Mars pada kecepatan 12.300 mil per jam, dan seluruh urutan menyentuh permukaan hanya membutuhkan waktu kurang dari 7 menit," kata Tom Hoffman, manajer proyek InSight.

"Selama rentang waktu yang singkat itu, InSight harus secara otonom melakukan puluhan operasi dan berhasil dengan sempurna," lanjutnya senang.

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.